Hal Unik yang Dapat Ditemui Saat Berkunjung ke Filipina


Hai sahabat media online, kali ini kita akan membahas mengenai hal unik yang dapat ditemui saat berkunjung ke Filipina. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi yang saya dapat selama berada di Filipina :) 

  • Sebagian besar masyarakat Filipina lancar dan fasih berbahasa Inggris. Hal ini karena pada zaman dahulu Filipina merupakan negara koloni dari Amerika dan orang Filipina memiliki gagasan bahwa “Mereka bukan orang Filipina jika tidak mengetahui bahasa Inggris”. Sistem pendidikan Filipina juga menggunakan bahasa inggris (seperti buku pelajaran di sekolah).
  • Salah satu makanan tradisional yang dapat ditemui saat mengunjungi Filipina yaitu balut. Balut merupakan telur bebek rebus yang sudah hampir menetas. Biasanya balut dimakan dengan menggunakan garam.
DSC_0708
Balut
  • Sebagian besar penduduk Filipina menganut agama Katolik.
  • Alat transportasi umum yang biasa digunakan masyarakat yaitu trycicle (seperti bentor jika di Makassar), Jeep (seperti angkot), dan Fan (seperti bus mini). Biasanya trycicle dapat menganngkut penumpang sampai 5 orang  :).
DSC01978
Salah satu transportasi umum masyarakat (trycicle)
  • Jenjang pendidikan di Filipina yaitu 6 tahun SD, 4 tahun SMP, dan 2 tahun SMA. Tingkat SMA baru diterapkan pada tahun 2016.
  • Basket adalah olahraga paling populer di Filipina. Asosiasi Bola Basket Filipina (PBS) adalah liga pertama dan tertua di Asia dan tertua kedua di dunia setelah Asosiasi Bola Basket Nasional Amerika Serikat (NBA).
  • Bahasa resmi yang diakui secara nasional adalah bahasa inggris dan tagalog. Namun, masih banyak lagi bahasa yang digunakan di Filipina seperti Cebuano, Ilocano, Hiligaynon, Bicolano, Waray, dan Kapampangan.
  • Jika kalian mengunjungi provinsi Nueva Vizcaya wajib mengunjungi Lower Magat Eco Tourism Park. Lower magat terletak di dalam lahan hutan seluas 24.000 hektar, Lower Magat Eco-tourism park memiliki total lahan seluas 1.000 ha. Di dalam taman terdapat pondok-pondok asli / kubo pondok-pondok yang terinspirasi Isinay, laguna dengan kolam ikan, perkebunan kelapa, perkemahan, kolam renang, asrama, pondok kayu, 5 km ekowisata, hewan ternak dan kebun binatang dan taman kupu-kupu.
Lower Magat
Lower Magat
  • Di Filipina ada petak sawah terasering di lereng-lereng pegunungan, yang sudah berumur duaribu tahun yang lalu dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Lokasinya berada di Banaue, provinsi Ifugao, Filipina.
DSC_0856IMG_1466
  • Filipina juga memiliki wisata laut yang indah. Ada tiga pantai Filipina yang terkenal di dunia, yaitu pantai Boracay, Dakak, dan Siargao. Salah satunya terdapat di Baler, Provinsi Aurora, Filipina.
DSC_0821
Pantai di Provinsi Aurora
  • Dari 10 mall top dunia, ada 3 mall berada di Filipina, yaitu SM Megamall, SM North Edsa, dan SM Mall of Asia.
  • Kebiasaan masyarakat Filipina, jika bepergian selalu membawa payung kemana-mana.
  • Bendera Filipina satu-satunya bendera di dunia yang dapat dibalik. Dimana jika dominan merah dikibarkan pada bagian atas, berarti negara tersebut sedang berada dalam situasi peperangan. Jika warna dominan biru dikibarkan pada bagian atas, berarti negara tersebut dalam masa damai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

About "The Courage To Be Dislike" and "The Courage To Be Happy"

Self-Report (Muthmainna Dayanti Jufri)